General Banking

Seorang pemimpin (Chief Executive Officer) bank harus mampu menguasai manajemen dan operasional perbankan dan dapat berkomunikasi dengan efektif baik secara lisan maupun tulisan dan secara internal dan eksternal.

Untuk dapat berkomunikasi dengan efektif dalam organisai bisnis tidaklah mudah tetapi harus dicapai dengan cara berlatih dan belajar secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena kemampuan berkomunikasi tidak datang secara alami, tetapi merupakan suatu kemampuan dan kompetensi sehingga memerlukan pembelajaran dan pelatihan. Komunikasi organisasi secara internal adalah adanya interaksi antar karyawan, karyawan dengan atasan. Sementara komunikasi secara eksternal adalah komunikasi antar karyawan bank, antara karyawan dengan pimpinan bank dan nasabah bank, dan pihak ketiga lainnya.

Posisi pimpinan dalam sebuah organisasi sangat penting karena pimpinan yang akan mengarahkan organisasi. Pimpinan adalah penggerak sumber daya dalam mencapai visi dan misi organisasi. Pimpinan harus dekat dengan orang yang dipimpin dan memegang peranan yang sangat strategis sebagai orang yang dapat secara langsung mempengaruhi bawahan. Ada dua fungsi utama seorang pemimpin, yaitu sebagai people manager dan sebagai business manager. Pimpinan sebagai business manager adalah kemampuan pimpinan dalam menjalankan bisnis perusahaan, mencapai target-target kerja yang diharapkan melalui proses eksekusi rencana bisnis dan kerja perusahaan secara efektif. Sedangkan yang dimaksud dengan pimpinan sebagai people manager adalah kemampuan manajerial pimpinan untuk mempengaruhi bawahan agar dapat bekerja dan memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan.

Menjadi pimpinan di lembaga keuangan mempunyai karakteristik tersendiri, selain kemampuan untuk mengelola orang banyak dan kecakapan dalam mengeksekusi strategi bisnis yang telah ditetapkan, bisnis lembaga keuangan adalah kepecayaan, sehingga seorang pemimpin di sebuah lembaga keuangan harus memiliki integritas yang tinggi dan menjunjung kode etik profesi dengan konsisten.

Kepemimpinan dalam sebuah institusi bank dengqan kepercayaan sebagai landasan bisnisnya menuntut karakteristik pemimpin yang berbeda dari pemimpin perusahaan pada umumnya. Pemimpin di lembaga perbankan menuntut kepemimpinan yang menjunjung etika profesional perbankan.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9